Kecerdasan Buatan

A.    Pengertian kecerdasan buatan
“Kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang -dalam pandangan manusia adalah- cerdas.
Bidang Komputer dan Sains

Para Peneliti kecerdasan buatan telah membuat banyak alat untuk memecahkan beberapa masalah yang dapat dikategorikan paling rumit pada bidang komputer dan sains. Kebanyakan dari penemuan mereka telah diambil alih oleh cabang ilmu komputer dan sains dan tidak lagi menjadi bagian dari bidang ilmu kecerdasan buatan. Namun, bidang ilmu kecerdasan buatan tetap saja sulit untuk dilepaskan dari bidang ilmu ini, dikarenakan banyak bagian dari kecerdasan buatan yang digunakan dalam bidang komputer dan sains ini. Salah satu contohnya adalah :
1.      konsep jaringan syaraf tiruan yang digunakan untuk mengkalkulasi probabilitas kondisi-kondisi yang akan terjadi pada masa yang akan datang. Beberapa daftar aplikasi yang sebelumnya dikembangkan oleh para peneliti kecerdasan buatan adalah GUI (Graphical User Interface), Kalkulasi koordinat mouse pada layar monitor, manajemen penyimpanan otomatis, pemrograman dinamis serta pemrograman orientasi objek.
Kecerdasan Buatan dalam Game

1.      Game Playing

Game Playing (permainan game) merupakan bidang AI yang sangat populer berupa permainan antara manusia melawan mesin yang mempunyai intelektual untuk berpikir. Bermain dengan komputer memang menarik, bahkan sampai melupakan tugas utama yang lebih penting. Komputer dapat bereaksi dan menjawab tindakan-tindakan yang diberikan oleh lawan mainnya.
Game sebagai media hiburan telah berkembang dengan pesat seiring denganperkembangan teknologi. Salah satu unsur yangberperan penting dalam sebuah game adalahkecerdasan buatan. Dengan kecerdasan buatan,elemen-elemen dalam game dapat berperilakusealami mungkin layaknya manusia.
Dalam penelitian ini akan dikembangkansebuah model kecerdasan buatan yang mempu mengenali emosi dari teks berbahasa Indonesiasekaligus memberikan respon sesuai emosi yang
diberikan. Untuk mencapai tujuan tersebut maka dalam penelitian ini dibuat sebuah model yang
menggabungkan dua metode yaitu klasifikasi teksdan logika fuzzy. Masing masing metode mempunyai peran tersendiri dalam model kecerdasan buatan ini. Metode klasifikasi teks berfungsi untuk mengklasifikasikan teks yang diberikan kepada NPC ke dalam jenis-jenis emosi antara lain senang, sedih, marah dan takut. Sedangkan logika fuzzy berfungsi untuk mengmbil keputusan terhadap respon yang akan dihasilkan oleh NPC sesuai dengan jenis emosi yang diberikan.
Contoh game nya adalah:
Permainan Catur Jawa
1.    Permainan Catur Jawa Dengan Menggunakan Algoritma MiniMax
Algoritma minimax diaplikasikan pada permainan yang melibatkan dua orang. Permainan-permainan tersebutdapat dideskripsikan dengan sejumlah aturan dan premis.Dengan itu, kita dapat mengetahui, pada titik tertentu permainan, langkah-langkah yang mungkin berikutnya. Permainan tersebut berbagi karakteristik yang sama, yakni “permainan dengan penuh informasi”. Setiap pemain mengetahui semua langkah-langkah yang mungkin dari pemain lawannya.


Bidang komputasional
Pengertian kecerdasan bidang komputasional
Kecerdasan Komputasional (Computational Intellegent) adalah pendekatan yang muncul untuk komputasi secara paralel yang meniru kemampuan manusia seperti berpikir dan belajar dalam suatu lingkungan dengan ketidakpastian. Kecerdasan Komputasional adalah sebuah pendekatan baru untuk membangun sitem komputasi sistem cerdas yang bertujuan membantu menyelesaikan permasahan manusia. Sistem cerdas ini diharapkan memiliki kemampuan seperti manusia dalam spesifikasi tertentu, dapat beradaptasi secara mandiri dan belajar agar lebih baik dalam kondisi lingkungan yang berubah, serta dapat menjelaskan bagaimana keputusan itu diambil.

Kecerdasan Komputasional terdiri dari tiga paradigma komputasi, yaitu: Neural Network System, Fuzzy Logic, Probabilistic Reasoning yang terdiri dari teori Chaos, Belief Networks, Genetic Algorithm. Kontribusi yang sangat penting dari Fuzzy Logic adalah sebuah metode untuk komputasi dengan menggunakan kata-kata, Jaringan Syaraf Tiruan dapat mengidentifikasi sistem, belajar, dan beradaptasi, sedangkan Probabilistic Reasoning untuk mengambil suatu keputusan dan Genetic Algorithm lebih ditekankan untuk systematized random search dan optimasi.

Berikut merupakan bidang-bidang penelitian Kecerdasan Komputasional
v Fuzzy System
v Pattern RecognitioImage
v Immage Processing
v Machine Learning
v Computer Vision
v Soft Computing
v Evolutionary CompuNeural
v Network Knowledge
v Natural language Processing
v Image retrieval
v Decision Support System
v Expert System
v Intelligent Tutoring System
v Bioinformatics
v Robotic Graph


Salah satu penejelasan diantara ny:
Sistem fuzzy atau logika fuzzy adalah salah satu bahasan soft computing yang memiliki karakteristik dan keunggulan dalam menangani permasalahan yang bersifat ketidakpastian dan kebenaran parsial. Logika fuzzy merupakan pengembangan dari logika boolean yang hanya memiliki nilai true (1) atau false (0). Padahal “di dunia nyata terdapat banyak masalah yang tidak bisa dilihat sebagai hitam dan putih. Terdapat hal-hal bernilai abu-abu yang jika diperhatikan akan membantu kita untuk membuat keputusan yang, secara intuitif, lebih adil”.  

Logika fuzzy adalah Fuzzy Logic adalah metodologi pemecahan masalah dengan beribu
— ribu aplikasi dalam pengendali yang tersimpan dan pemrosesan informasi. Fuzzy logic menyediakan cara sederhana untuk menggambarkan kesimpulan pasti dan informasi yang ambigu, samar — samar, atau tidak tepat. Sedikit banyak, fuzzy logic menyerupai pembuatan keputusan pada manusia dengan kemampuannya untuk bekerja dan data yang ditafsirkan dan mencari solusi yang tepat.

0 Comments:

Post a Comment



ORGANISASI DAN ARSITEKTUR COMPUTER

RAM (Random Access Memory)

Ram adalah singkatan dari Random Access Memory. Sebuah bagian dari system computer yang sangat penting. Tidak hanya pada computer PC maupun notebook saja yang membutuhkan RAM. PDA dan banyak perangkat elektronik lain pun ikut membutuhkan bagiqan ini.

Dan untuk setiap peralatan memiliki tingkat kebutuhan yang berbeda-beda. Misalkan saja sebuah computer yang masih menggunakan operating sdtem lama contohnya window 98. maka RAM yang dibutuhkan tidak akan sebesar computer yang menggunakan windows XP sebagai operating systemnya.

Selain operating system, aplikasi yang dijalankan pun sangat bergantung kepada RAM. Semakin berat aplikasi yang akan dijalankan, maka bobot RAM akan semakin besar. Karena pada RAM-lah untuk sementara aplikasi atau data yang ditengah anda akses tersimpan.

Sedangkan untuk membeli sebuah RAM, bukan bobot saja yang menjadi pertimbangan utama. Tapi juga ada aspek lain yang tidak kalah pentingnya harus ikut difikirkan. Seperti kecepatan tipe, jenis soket, danmotherboad yang digunakan.

Karena saat ini selain setiap aplikasi memiliki kebutuhan system yang berbeda-beda, kehadiran RAM pun sudah sangat beragam. Sedangkan harganya semakin lama semakin terjangkau. Teknologi yang ada pada RAM pun terus berkembang. Mulai ditemukannya DDR, system Dualchenel sampai saat ini sangat baru yaitu DDR2.

Belum lagi kecepataannya yang semakin lama semakin cepat.Dari hanya 66Mhz. begitu pula dengan kapasitas.

Sebelum membahas teknologi yang berkembang pada RAM sendiri, ada baiknya jika terlebih dahulu mengerti apa yang sebenarnya dilakukan oleh RAM dalam system computer sehingga kehadirannya dapat meningkatkan performa sebuah computer.

PENGERTIAN MEMORI

Memory adalah sebuah tempat penyimpanan data dalam sebuah sistem komputer. Memory ada yang bersifat volatile dan ada pula yang bersifat non volatile. Memory yang sifatnya volatile contohnya RAM (Random Access Memory) yaitu memory yang sifatnya menyimpan data sementara selama sistem komputer berjalan, data akan hilang saat computer dimatikan. Sedangkan memory yang sifatnya non volatile atau tetap yaitu memory yang datanya akan tetap ada saat sistem komputer sedang berjalan maupun komputer dimatikan contohnya hardisk, floppydisk, cd-r, dll.
Kapasitas dari memory pun berbeda-beda. Ada yang berkapasitas Megabyte sampai gigabyte. Kapasitas memory dihitung dalam kelipatan 2, yaitu 2, 4, 8, 16, 32, 64, 128, 256, 512, 1024, 2048, …., 2 pangkat n memory.

Memory 2 k x 8 bit

Terdapa beberapa saluran yang menghubugkan memory dengan prosesor yaitu:

v Saluran data

v Saluran alamat

v Saluran control I/O

v Saluran data

v Saluran awal

v Saluran akhir

Saluran Data

Saluran data adalah saluran yang menghubungkan data pada prosesor dan data pada memory. Banyaknya saluran data tergantung pada banyaknya bit penyimpanan data. Saluran data memberikan lintasan bagi perpindahan data antara dua modul sistem. Saluran-saluran ini secara kolektif disebut bus data. Umumnya saluran data terdiri dari 8, 16, 32 saluran, namun karena perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini sudah ada 64 bit saluran data. Jumlah saluran dikaitkan dengan lebar bus data karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat dipindahkan pada suatu saat. Lebar bus data merupakan faktor penting dalam menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Misalnya, bila bus data lebarnya 8 bit, dan setiap instruksi panjangnya 16 bit, maka CPU harus dua kali mengakses modul memori dalam setiap siklus instruksinya.

Saluran alamat

Saluran alamat adalah saluran yang menghubungkan jumlah alamat pada memory ke prosesor. Banyaknya jumlah saluran alamat tergantung pada kapasitas memory. Saluran alamat digunakan untuk menandakan sumber atau tujuan data pada bus data. Misalnya, bila CPU akan membaca sebuah word (8, 16, atau 32 bit) data dari memori, maka CPU akan menaruh alamat word yang dimaksud pada saluran alamat. Lebar bus alamat menentukan kapasitas memori maksimum. Selain itu, saluran alamat juga menetukan kapasiasitas .

Saluran control I/O


Saluran kontrol digunakan untuk mengontrol akses ke saluran alamat dan penggunaan data pada saluran alamat.. Semua access perpindahan data dari memory ke prosesor dan dari prosesor ke memory diatur / dikontrol di saluran control I/O.

Rangkaian Memory 2 k x 8 bit

2 k x 8 bit = 2048 x 8 bit

= 211 x 8 bit

Saluran Alamat = 11

Saluran Data = 8

Lebar Data = 8

Alamat Awal = 000 0000 00002 = 00016

Alamat Akhir = 111 1111 11112 = 7FF16

Rangkaian Memory 2 k x 8 bit dengan 4 buah Memory 512 x 8 bit (Chip)

512 x 6 bit = 29 x 8 bit

Saluran Alamat = 9

Saluran Data = 8

Lebar Data = 8

Alamat Awal = 0 0000 00002 = 00016

Alamat Akhir = 1 1111 11112 = 1FF16

Berapa buah = 4 Buah

PETA MEMORY

PETA MEMORY
2k x 8 byte

RANGKAIAN MEMORY RAM

RANGKAIAN MEMORY RAM
MEMORY 2k x 8byte