A.    A. Pengertian simulasi
Simulasi adalah tiruan dari sebuah sistem dinamis dengan menggunakan model komputer yang digunakan untuk melakukan evaluasi dan meningkatkan kenerja sistem. Tujuan dari simulasi itu sendiri adalah untuk pelatihan (traininh), studi prilaku sistem (behaviour) dan hiburan / permainan (game).
B.     Pengaplikasian simulasi dan pemodelan
Pada hakekatnya banyak sekali contoh-contoh bentuk dari pengaplikasian dari simulasi  itu sendiri dalam kehidupan sehari-hari. Disini kita akan membahas simulasi komputer dalam kehidupan sehari-hari diantara nya :
1.      simulasi terbang (ight simulation),
2.      simulasi sistem ekonomi makro,
3.      simulasi sistem perbankan,
4.      simulasi antrian layanan bank (service queue),
5.      simulasi game strategi pemasaran (market game),
6.      simulasi perang (wargame simulation), simulasi mobil (car simulation),
7.      simulasi tenaga listrik (power plan simulation),
8.      simulasi tata kota (sim city).
9.      Simulasi waktu nyata (real time) merupakan bagian dari ilmu informatika (teknologinformasi) yang sedang berkembang sangat pesat saat ini.
AB. Aspek yang terkandung didalam pemodelan dan simulasi komputer
Pemodelan dan Simulasi Komputer adalah Studi informatika yang mendukung atau aspek yang terkandung dalam  simulasi komputer, antara lain : pemodelan dan simulasi, teori sistem, rekayasa perangkat lunak dan gra_k animasi komputer.
Sedangkan roses tahapan dalam mengembangkan simulasi komputer adalah sebagai berikut :
a. Memahami sistem yang akan disimulasikan
b. Mengembangkan model matematika dari sistem
c. Mengembangkan model matematika untuk simulasi
d. Membuat program (software) komputer
e. Menguji, memveri_kasi dan memvalidasi keluaran simulasi
f. Mengeksekusi program simulasi untuk tujuan tertentu

Penjelasan dan contoh simulasi komputer dalam kehidupan sehari – hari

1.      Simulasi Sistem Ekonomi Makro
Sistem ekonomi makro suatu negara dapat disimulasikan sebagai model persamaan linear
variabel keadaan waktu diskret : x(k + 1) = Ax(k) + Bu(k) dan y(k) = Cx(k) + Du(k).
Dimana variabel keadaan (state variable) x(k) pada tahun ke k adalah : belanja konsumtif dan investasi bisnis swasta. Masukan (input) u(k) adalah : pajak dan belanja negara, sedangkan keluaran (output) y(k) adalah : pendapatan nasional.
Dari penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa aspek dari simulasi sistem ekonomi makro adalah waktu,  jumlah belanja, investasi bisnis swasta, belanja negara dan pendapatan nasional sebagai hasil akhir.

1.      Simulasi di perbankan
Simulasi sistem perbankan merupakan simulasi antrian layanan. Misalkan model antrian ATM Bank *) :
-           M/M/1. Probabilitas nasabah ke n datang ke ATM Bank Pn adalah Pn =(1_p)_n, dimana n = 0, 1, 2,
-           Jumlah nasabah dalam ATM Bank Ls adalah Ls =p/(1-p)
-          Jumlah nasabah yang antri dalam ATM Bank Lq adalah Lq = Ls_p =p2/1-p).
-          Waktu tunggu layanan nasabah Wq adalah Wq =p/µ(1-p).
-          Jumlah nasabah yang datang per jam   adalah _. Jumlah nasabah yang dilayani per jam adalah _. Rasio nasabah yang datang dan dilayani adalah p=α/µ
Gambar berikut memperlihatkan contoh model sistem perbankan. *) Proses kedatangan dan layanan nasabah terdistribusi eksponensial, jumlah pelayan (ATM) satu.


1.      Simulasi permainan game
Misalkan permainan berjumlah nol dari dua pemain (two players zero sum game) yang bersaing dalam memasarkan mobil. Matrik pay o_ (hasil riset biro iklan) adalah seperti Tabel 1 berikut.
Media iklan
Surat kabar (mobil B)
Radio (mobil b)
Televisi (mobil B)
Surat kabar (mobil A)
-60
35
30
Radio (mobil A)
-20
0
15
Televisi (mobil A)
50
80
20
 Penyelesaian dapat dilakukan dengan : metode aljabar, metode gra_k, metode program
linear. Hasil simulasi strategi campuran optimum mobil A adalah X* = [1/4, 0, 3/4].
Strategi campuran optimum mobil B adalah Y* = [1/12, 0, 11/12]. Nilai Permainan v* =22,5 (Mobil A akan bertambah pembeli 23 orang dari mobil B).
Permainan (game) komputer merupakan salah satu jenis simulasi komputer. Beberapa tipe game komputer antara lain : permainan strategi (strategic game), permainan ketrampilan tangan dan mata, permainan tantangan (adventure game).
Permainan strategi (strategic game) merupakan permainan papan (board), kartu (card) atau permainan yang dimainkan pada suatu grid (biasanya imajiner).

1.      Simulasi permainan ( game)

Permainan (game) komputer merupakan salah satu jenis simulasi komputer. Beberapa tipe game komputer antara lain : permainan strategi (strategic game), permainan ketrampilan tangan dan mata, permainan tantangan (adventure game).
Permainan strategi (strategic game) merupakan permainan papan (board), kartu (card) atau permainan yang dimainkan pada suatu grid (biasanya imajiner), dimana kemenangan dihitungberdasarkan aturan tertentu. Contoh : permainan olah yudha (war game), catur (chess), bridge, go-moku, command and conquer generals.
Permainan ketrampilan tangan dan mata adalah permainan yang melibatkan kecepatan dan koordinasi antara ketrampilan tangan dan mata manusia terhadap mesin komputer, umumnya menggunakan tampilan (screen display) resolusi tinggi. Contoh : simulasi mobil (driving game), simulasi terbang (ight simulation), dxball game.

Manfaat
Dalam permainan tantangan (adventure game), program komputer mentranslasikan tanggapan pemain (player response) terhadap suatu kejadian (event) baik atau buruk dalam
menyelesaikan persoalan. Contoh : puzzle, zork, delta force black hawk down, beach head.
Bagian-bagian/ aspek  game komputer terdiri dari :
1.      struktur data (data structure),
2.      metodeevaluasi (evaluation method), dan antarmuka pengguna (user interface). Struktur data dalam permainan (game) adalah organisasi logis informasi perihal papan (board), potongan permainan (playing piece), gerakan (move) dan kemenangan (winning) serta kekalahan (losing).
Bentuk pemodelan sistem
1.       representasi agregat (dalam simulasi olah yudha), variabel record (dalam permainan catur).
2.      Metode fungsi evaluasi dalam permainan (game) akan menguji gerakan (move) yang mungkin, memberi nilai (score) gerakan tersebut. Kemampuan melihat ke depan (search) merupakan putusan kritis dalam permainan strategi komputer. Beberapa metode melihat ke depan (looking ahead) : minimax search algorithm, alpha beta search algorithm.
Bentuk abstraksi Antar muka pengguna (user interface) dengan komputer (machine) dirancang sedemikian rupa sehingga pemain (player) hanya akan berkonsentrasi pada permainan dan tidak dibebani perihal cara operasi program komputer. Antarmuka pengguna saat ini melibatkan multimedia (suara, gambar dan animasi).

Kesimpulan dari sistem simulasi komputer dalam kehidupan sehari-hari.
Simulasi komputer adalah bagian dari teknologi informasi yang sedang berkembang pesat saat ini. Simulasi melibatkan studi informatika : pemodelan dan simulasi, grafik komputer dan animasi, rekayasa perangkat lunak, teori sistem, dll.












0 Comments:

Post a Comment



ORGANISASI DAN ARSITEKTUR COMPUTER

RAM (Random Access Memory)

Ram adalah singkatan dari Random Access Memory. Sebuah bagian dari system computer yang sangat penting. Tidak hanya pada computer PC maupun notebook saja yang membutuhkan RAM. PDA dan banyak perangkat elektronik lain pun ikut membutuhkan bagiqan ini.

Dan untuk setiap peralatan memiliki tingkat kebutuhan yang berbeda-beda. Misalkan saja sebuah computer yang masih menggunakan operating sdtem lama contohnya window 98. maka RAM yang dibutuhkan tidak akan sebesar computer yang menggunakan windows XP sebagai operating systemnya.

Selain operating system, aplikasi yang dijalankan pun sangat bergantung kepada RAM. Semakin berat aplikasi yang akan dijalankan, maka bobot RAM akan semakin besar. Karena pada RAM-lah untuk sementara aplikasi atau data yang ditengah anda akses tersimpan.

Sedangkan untuk membeli sebuah RAM, bukan bobot saja yang menjadi pertimbangan utama. Tapi juga ada aspek lain yang tidak kalah pentingnya harus ikut difikirkan. Seperti kecepatan tipe, jenis soket, danmotherboad yang digunakan.

Karena saat ini selain setiap aplikasi memiliki kebutuhan system yang berbeda-beda, kehadiran RAM pun sudah sangat beragam. Sedangkan harganya semakin lama semakin terjangkau. Teknologi yang ada pada RAM pun terus berkembang. Mulai ditemukannya DDR, system Dualchenel sampai saat ini sangat baru yaitu DDR2.

Belum lagi kecepataannya yang semakin lama semakin cepat.Dari hanya 66Mhz. begitu pula dengan kapasitas.

Sebelum membahas teknologi yang berkembang pada RAM sendiri, ada baiknya jika terlebih dahulu mengerti apa yang sebenarnya dilakukan oleh RAM dalam system computer sehingga kehadirannya dapat meningkatkan performa sebuah computer.

PENGERTIAN MEMORI

Memory adalah sebuah tempat penyimpanan data dalam sebuah sistem komputer. Memory ada yang bersifat volatile dan ada pula yang bersifat non volatile. Memory yang sifatnya volatile contohnya RAM (Random Access Memory) yaitu memory yang sifatnya menyimpan data sementara selama sistem komputer berjalan, data akan hilang saat computer dimatikan. Sedangkan memory yang sifatnya non volatile atau tetap yaitu memory yang datanya akan tetap ada saat sistem komputer sedang berjalan maupun komputer dimatikan contohnya hardisk, floppydisk, cd-r, dll.
Kapasitas dari memory pun berbeda-beda. Ada yang berkapasitas Megabyte sampai gigabyte. Kapasitas memory dihitung dalam kelipatan 2, yaitu 2, 4, 8, 16, 32, 64, 128, 256, 512, 1024, 2048, …., 2 pangkat n memory.

Memory 2 k x 8 bit

Terdapa beberapa saluran yang menghubugkan memory dengan prosesor yaitu:

v Saluran data

v Saluran alamat

v Saluran control I/O

v Saluran data

v Saluran awal

v Saluran akhir

Saluran Data

Saluran data adalah saluran yang menghubungkan data pada prosesor dan data pada memory. Banyaknya saluran data tergantung pada banyaknya bit penyimpanan data. Saluran data memberikan lintasan bagi perpindahan data antara dua modul sistem. Saluran-saluran ini secara kolektif disebut bus data. Umumnya saluran data terdiri dari 8, 16, 32 saluran, namun karena perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini sudah ada 64 bit saluran data. Jumlah saluran dikaitkan dengan lebar bus data karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat dipindahkan pada suatu saat. Lebar bus data merupakan faktor penting dalam menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Misalnya, bila bus data lebarnya 8 bit, dan setiap instruksi panjangnya 16 bit, maka CPU harus dua kali mengakses modul memori dalam setiap siklus instruksinya.

Saluran alamat

Saluran alamat adalah saluran yang menghubungkan jumlah alamat pada memory ke prosesor. Banyaknya jumlah saluran alamat tergantung pada kapasitas memory. Saluran alamat digunakan untuk menandakan sumber atau tujuan data pada bus data. Misalnya, bila CPU akan membaca sebuah word (8, 16, atau 32 bit) data dari memori, maka CPU akan menaruh alamat word yang dimaksud pada saluran alamat. Lebar bus alamat menentukan kapasitas memori maksimum. Selain itu, saluran alamat juga menetukan kapasiasitas .

Saluran control I/O


Saluran kontrol digunakan untuk mengontrol akses ke saluran alamat dan penggunaan data pada saluran alamat.. Semua access perpindahan data dari memory ke prosesor dan dari prosesor ke memory diatur / dikontrol di saluran control I/O.

Rangkaian Memory 2 k x 8 bit

2 k x 8 bit = 2048 x 8 bit

= 211 x 8 bit

Saluran Alamat = 11

Saluran Data = 8

Lebar Data = 8

Alamat Awal = 000 0000 00002 = 00016

Alamat Akhir = 111 1111 11112 = 7FF16

Rangkaian Memory 2 k x 8 bit dengan 4 buah Memory 512 x 8 bit (Chip)

512 x 6 bit = 29 x 8 bit

Saluran Alamat = 9

Saluran Data = 8

Lebar Data = 8

Alamat Awal = 0 0000 00002 = 00016

Alamat Akhir = 1 1111 11112 = 1FF16

Berapa buah = 4 Buah

PETA MEMORY

PETA MEMORY
2k x 8 byte

RANGKAIAN MEMORY RAM

RANGKAIAN MEMORY RAM
MEMORY 2k x 8byte